Bimbingan Teknis Pengelolaan Insiden Siber Kota Magelang

By Admin in Event

Event
Dalam rangka membangun kapasitas pengelolaan insiden siber, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis pengelolaan insiden siber bagi Agen CSIRT Kota Magelang.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2024 bertempat di Ruang Pengarahan Assessment Center, BKPSDM. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang, Muchamad Abdul Azis, S.H menyampaikan bahwa CSIRT Kota Magelang telah terbentuk melalui Keputusan Wali Kota Nomor 046/ 293 / 112 yang ditetapkan pada tanggal 15 Desember 2023.  CSIRT Kota Magelang juga telah terdaftar di Badan Siber dan Sandi Negara dengan nomor registrasi 301 / CSIRT.01.02.01/BSSN/01/2024.  Bimbingan teknis tahun ini bertujuan memberikan pembekalan bagi Agen CSIRT Kota Magelang dalam langkah awal melakukan penanganan insiden yang terjadi pada Perangkat Daerah masing-masing.

Agen CSIRT berperan penting dalam melakukan monitoring sistem elektronik Perangkat Daerah sehingga apabila terjadi insiden dapat segera melakukan langkah yang cepat dan tepat untuk penanganan pertama. Selain itu, agen CSIRT juga berperan dalam meningkatkan security awareness pada OPD nya.

Peserta bimbingan teknis diberikan pengetahuan mengenai deteksi dan analisis insiden, pengumpulan dan penanganan bukti, identifikasi target serangan, penanganan dan pemulihan, audit teknologi informasi, pelaporan penanganan insiden serta standar dan prosedur keamanan berbasis web berdasarkan Peraturan BSSN Nomor 4 Tahun 2021. Peserta juga melakukan praktik langsung terhadap kasus insiden yang diberikan oleh narasumber sehingga dapat mengambil pelajaran dan pengalaman atas kasus yang diberikan untuk diterapkan pada insiden yang sebenarnya. Kegiatan bimbingan teknis akan dilaksanakan setiap tahun sebagai komitmen dalam membangun dan meningkatkan kompetensi tim CSIRT Kota Magelang

Back to Posts